Saat harus berkata GOOD BYE


Gilang Priyadi Utama, cowok keren dan populer di kalangan siswa SMA Negeri 7. Selain populer karena tubuhnya yang gagah, kulitnya yang putih dan wajahnya yang handsome. Sejak duduk di bangku kelas X sampai sekarang duduk di bangku kelas XII, Gilang emang banyak banget ngukir prestasi, baik  di bidang akademik maupun non-akademik. Nah kan, kurang apalagi coba? Udah keren, pinter, dikenal sebagai sosok yang ramah pula. But you know? Sepanjang perjalanan hidupnya, sosok Gilang ini belum pernah mengenal yang namanya C-I-N-T-A, cinta. Why?
But, suatu hari Gilang berangkat sekolah naik bus, because motor kesayangannya lagi di­servis. Di tengah jalan, bus yang Gilang tumpangin mogok. Padahal udah siang banget, kalo gak buru-buru nyampe sekolah dia bisa kesiangan dan gak bisa ikut KBM hari itu. Gilang panik banget, apalagi kawasan itu bukan jalur yang biasa dilewatin bus. SEPI! Ya Allah, bagaimana ini? Batinnya, sambil gak henti-henti liatin jam. Jarak ke sekolah tinggal 1km lagi. Apa mungkin kalo di tempuh tanpa transportasi? Apa waktunya bakal cukup? Tapi gak nunggu jawaban dari semua pertanyaannya Gilang pun lari kenceng banget, balapan sama gerbanng yang 30menit lagi ditutup. Dan . . . BRUKK! Omegot nabrak orang.
“Ya Allah!” seru Gilang yang sempoyongan mau jatuh, tapi meski lagi sempoyongan Gilang tau bahwa yang dia tabrak adalah cewek, “Sorry sorry! Aku gak liat jalan.” Gilang nyamperin si cewek dan ngebantu mungutin kertas-kertas si cewek yang berantakan banget di jalan.
“Ini kertas kamu! Sekali lagi aku minta maaf.” Gilang ngerasa bersalah banget
“Gak pa-pa. Lagian aku juga salah, gak merhatiin jalan.” Tutur si cewek
“Thanks ya! Ya udah yuk, kita udah telat.” Gilang narik tangan si cewek, si cewek yang kaget nurut aja buat ikut lari.
Pas banget! Nyampe gerbang, bel bunyi. Wihh selamet, batin Gilang. Oow tapi Gilang baru nyadar tadi dia narik tangan si cewek.
“Oh, sorry! Sorry banget aku . . “
“Gak pa-pa, malah thanks banget! Kalo kamu gak narik tangan aku, aku bisa kesiangan nyampe sini.” Potong si cewek dengan binar dimatanya yang indah dan senyum yang terurai manis disela bibirnya.
Gilang diam melongo, dia bener-bener gak bisa berhenti natap wajah cewek itu. Dan gak tau gimana awalnya, hati Gilang berdesir hebat. Gilang tersadar kemudian memejamkan mata. Astagfirulloh al adzim. Batinnya. Gilang mengatur nafas lalu membuka kembali matanya tapi cewek yang tadi di depannya udah gak ada. Gilang nyoba lari kecil nyari si cewek ke depan tapi gak ada, tengok kanan, tengok kiri, tetep gak ada. Gilang pun angkat bahu. Dan pergi berlalu ke kelasnya.
Berhari-hari sejak kejadian itu Gilang bener-bener gak bisa berhenti mikirin si cewek. Siapa dia? Pertanyaan itu terus menghantui hati dan pikirannya. Gilang berharap bisa ketemu lagi sama cewek itu. Dan hari itu Gilang ada ulangan, biasanya dia bakal berlama-lama di bangku dekat parkiran buat baca-baca ulang catatannya. Tapi pagi itu, bangku itu gak kosong kaya biasanya. Ada orang yang juga lagi baca buku disana. Gilang coba nyamperin orang itu dan shok banget waktu tau orang yang duduk di bangku itu adalah cewek yang kemarin Gilang tabrak. Lagi-lagi hatinya berdesir, bahkan sekarang jantungnya terasa berdegup kenceng banget. Gilang nyoba nenangin diri dan duduk disamping si cewek.
“Hai.” Sapa si cewek yang ternyata uda tau Gilang ada disana
“Hai, apa kabar?” tanya gilang basa basi
“Baik, kamu?”
“Baik juga, lebih baik malah. Eh kamu suka baca-baca disini?”
“Nggak, ini kebetulan aku ada ulangan. Kalo aku baca di kelas suasananya gak ngedukung.” Tutur si cewek sambil senyum
Gilang memalingkan muka ke arah lain, “Oh gitu, aku juga suka baca-baca disini. Soalnya suasana emang pas buat baca, biasanya disini sepi, makanya tadi aku sempet kaget disini ada orang.”
“Heum (^_^) maaf yah? Oh iya kenalin, aku Fani.” Ngulurin tangan
Ngebales uluran tangan Fani, “Aku Gilang.” Gilang tersenyum dan balas senyum yang lebih manis oleh Fani. Mereka pun akhirnya belajar bareng disana. Gak kerasa bel bunyi, mereka pun harus pergi ke kelas masing-masing buat ulangan.
“Kelas aku disana. XI-IPS2.” Tunjuk Fina ke kelas di ujung persimpangan koridor TU
“Oh oke. Berarti kita pisah disini. Soalnya kelas aku di atas. Kalo kamu ada perlu, kamu bisa dateng ke kelas XII-IPA3.” Tutur Gilang
“Siaap Kak!” Fani melambai dan berlalu
Gilang tersenyum. Hatinya melonjak girang entah gak tau kenapa. Hari itu pun berlalu indah, seindah pagi menyambutnya.
Dua bulan berlalu, sejak pertemuan keduanya dengan Fani. Mereka emang makin akrab. Bahkan sampai tersebar isu mereka pacaran. Tapi cocok deh, yang satu keren, yang satu cantiknya itu loh, Subhanalloh banget! Tapi tapi gimana ya sama perasaan mereka? Apa juga sama-sama cocok? Kaya inssting aku? Nah, kalo Gilang sih emang uda kesemsem dari awal. Tapi Fani? Siang itu mereka janji ketemu di Cafe deket sekolah.
“Kak, sebenernya Kak Gilang mau ngomong apa?” tanya Fani
“Oke, langsung aja. Tapi kamu gak boleh marah dan kalo ditanya jawabannya cuma ada dua options IYA atau NGGAK. Paham?” Gilang uda mulai serius
“Hmm, setuju!”
“Fan, aku juga gak tau mesti mulai dari mana. Tapi aku gak bisa terus diem kaya gini. Kamu udah denger soal isu itu?” tanya Gilang
“Iya.”
“Baik, tapi kalo misalnya isu itu aku ubah jadi bukan sekedar isu. Apa kamu setuju?” tutur Gilang mantap tanpa ada sedikit pun keraguan
------HENING------
Fani memejamkan mata, dari bibirnya terdengan gumaman kecil, “Bismillahirahman nirrohim, IYA!”
Gilang tersentak kaget, dia gak pernah menyangka Fani akan setuju.
“Jadi?” gilang masih shok
“Iya kak, aku setuju.” Fani tersenyum indah sekali bahkan lebih indah dari senyum yang ribuan kali Gilang lihat dari bibir Fan. Gilang pun refleks merangkul Fani. Siang itu pun berlalu begitu cepat. Mereka beranjak pulang tepat ketika adzan ashar berkumandang. Alunan adzan paling merdu yang pernah mereka dengar. Itu pun yang menggerakan kaki keduanya untuk singgah ke mesjid terdekat dan melaksanakan shalat berjamaah bersama. Itu lah pertama kalinya bagi Gilang menjadi imam untuk seorang perempuan yang dia cintai.
Bulan April tiba. Untuk kelas XII bulan ini merupakan puncak perjuangan mereka. UN udah bener-bener di depan mata. Semua sibuk, termasuk Gilang. Dia harus belajar lebih giat dari biasanya, terlebih untuk mengejar target beasiswa ke sebuah Universitas. Yup, kalo dia pengen kuliah, satu-satunya cara adalah mengandalkan beasiswa. Karena dia gak mungkin ngebebanin sang ibu, satu-satunya orang tua yang masih Gilang miliki sebab ayahnya meninggal waktu Gilang kelas XI. Apalagi adiknya perlu banyak biaya untuk masuk SMA. Fani juga gak habis-habisnya suport Gilang. Sampe akhirnya Gilang lulus dengan nilai terbaik ke-3 di tingkat nasional. Ciee selamet ya! Prestasi ini membuat Gilang banyak sekali mendapat tawaran beasiswa ke luar negeri. Sayang sekali kalo kesempatan ini di lewatkan. Tanpa berpikir panjang Gilang pun ikut seleksi untuk beasiswa ke Jerman. Dan ternyata DAPET! Dia jadi salah satu dari kelima mahasiswa yang terpilih untuk kuliah kesana. Gilang seneng banget, tapi apa dia bakal sanggup tanpa Fani di sampingnya?
Dua hari lagi Gilang harus berangkat ke Jerman untuk persiapan segala macam. Hanya saja sampai sekarang Gilang belum ngasih tau Fani soal ini, Gilang bener-bener gak sanggup buat bicara soal ini ke Fani. Tapi sore itu dia coba ngeberaniin diri ke rumah Fani buat ngomong soal ini. Gilang pun melesat ke rumah Fani dengan motor kesayanganya membawa bingkisan kecil buat Fani.
Di halaman rumah Fani ada mobil mewah berwarna hitam. Setahu Gilang mobil ayah Fani bukan yang ini. Dan ternyata di rumah Fani lagi ada tamu. Salah satu daun pintu rumah terbuka, Gilang mendekat ke daun pintu yang tertutup. Di dalam terlihat dua orang laki dewasa, dua orang wanita dewasa, Fani dan sesosok laki muda yang entah siapa. Dari balik daun pintu Gilang dapat menangkap jelas obrolan hangat mereka.
“Jadi, nak Rendi kuliah di New York udah semester akhir?” suara ibu Fani
“Iya tante dan kebetulan disana Rendi dapet tawaran bisnis. Jadi nanti Rendi akan lebih lama dari biasanya disana.” Jawab laki muda
“Dan Rendi tidak mau sendirian disana dalam waktu yang lama. Makanya Rendi pulang ke tanah air, untuk mencari pendamping hidup yang mau nemenin dia berjuang merintis karir disana. Iya kan Rendi?” Kali ini suara perempuan, tapi bukan suara Fani maupun ibu Fani
“Ah mamah apaan sih? Gak gitu juga kok om, tante.” Kelah pemuda bernama Rendi
“Itu wajar kok Ren, om dulu juga menikah sama mamahnya Fani waktu om merintis karir om, jadi om punya yang nemenin dan nyemangatin.” Tutur ayah Fani
“Iya pak Ratno, jadi sekarang kami mau mencarikan pendamping hidup buat Rendi, biar dia ada temen saat menyelesaikan tensi dan merintis bisnisnya disana.” Tutur suara seorang laki dewasa
“Itu bagus loh Ren. Jadi nanti kamu gak sendirian disana.” Dukung Fani
“Iya Fan”
“Lalu, kenapa pak Sam sampai hati datang kesini pak?” tanya ayah Fani
“Begini pak, jadi maksud kami datang kesini adalah kami ingin meminang nak fani untuk menjadi pendamping Rendi tersebut. Lagian Fani dan Rendi kan sudah sama-sama dari sejak kecil, jadi saya pikir mereka sudah sama-sama tahu karakter masing-masing.”
PRANGGG!! Saking shok Gilang gak sengaja mecahin pot di sebelah pintu
“Suara apa itu?!” teriak suara kaget ibu Fani
“Biar Fani yang liat Mam.” Fani berlalu dari ruang tamu. Fani membuka pintu dan sangat kaget waktu tau Gilang ada disana yang berdiri terpaku. Fani menghampirinya, tapi Gilang malah menghindar. Gilang seperti tak ingin pertemuannya dengan Fani itu terjadi.
“Kak Gilang, ini . . . gak seperti yang . .”
“Cukup sayang, gak perlu ada yang dijelasin.” Gilang tersenyum dan lari ke depan gerbang rumah Fani dimana terparkir motor jupiter kesayanganya
“Kak!! Kak Gilang tunggu!!” Fani mengejar Gilang,”Kak tunggu kak!” Fani berhasil meraih tangan Gilang, “Kakak harus dengerin aku dulu! Aku gak tau kedatangan mereka bermaksud kaya gini. Aku bahkan sama sekali gak kepikiran buat ngasih jawaban IYA, kayak waktu aku ngasih jawaban sama kakak. Aku udah bersumpah sama diri aku sendiri kak, jawaban IYA aku, cuma buat kakak. Kakak tolong percaya sama aku kak! Ini gak seperti yang kakak pikirkan.” Fani menangis. Gilang hanya diam, dia terus aja natap jalan raya di depannya. “Kak? Kak Gilang!” melihat Gilang hanya diam, Fani pun merangkul Gilang dari belakang. Fani menangis tersedu-sedu di punggungnya.
“Sayang.” Gilang melepas rangkulan Fani dan menari Fani ke hadapannya. “Sayang, aku tau itu, aku tau.” Gilang merangkul Fani dan menangis di rangkulannya.
 “Sebenarnya aku datang cuma buat ngasih ini ke kamu. . .” Gilang nyerahin kotak kecil ke Fani, “ . . Sebelum aku gak sempet lagi ngasih itu secara langsung. Aku tau harga barang itu gak seberapa tapi mudah-mudahan itu mampu menggantikan kehadiran aku nanti.”
“Kehadiran kakak? Maksud kakak, kakak mau ninggalin aku?” Fani tersentak kaget kaget.
“Nggak sayang, nggak! Aku bakal selalu ada dihati kamu.” Gilang berurai airmata, Fani masih gak ngerti, “Aku minta maaf karena aku gak bilang sama kamu jauh-jauh hari. Sebenernya dua minggu yang lalu, aku dinyatakan lulus test beasiswa ke Jerman. Dan aku harus pergi! Aku harus pergi demi ibu dan adikku juga demi kamu!”

Orang-orang yang tadi di dalam rumah Fani kini berhambur keluar menghampiri Fani dan Gilang di depan gerbang.
“Fani! Kamu apa-apaan? Meninggalkan acara begitu saja. Siapa dia?” tunjuk ayah Fani pada Gilang
“Papah, itu Gilang. Pemuda yang mamah ceritakan kemarin” tutur ibu Fani
“Ohh jadi ini sebab kamu ninggalin acara tadi. Sekarang kamu masuk Fani!” gertak ayahnya
“Nggak pah, Fani gak mau!” Fani beralih memandang Gilang “Kak Gilang, tolong kak tolong! Kakak jangan pergi, aku mohon. Bantu aku kak, bantu aku keluar dari masalah ini. Aku ikut kakak, aku ikut!” rintih Fani
“FANI!” sentak ayahnya mau menyeret Fani. Tapi dicegah ibunya.
Gilang mengenggam erat tangan Fani “Sayang. Kamu percaya kalo bulan gak bakal mungkin ninggalin bumi kecuali atas kehendak Allah. Aku pun begitu, aku gak bakal ninggalin kamu kecuali atas kehendak Allah, aku bakal selalu ada dihati kamu.”
“Tapi kak, aku . .” ucapan Fani terpotong oleh kecupan Gilang di keningnya.
“Aku bakal selalu ada buat kamu. Jika memang dunia ini sempit buat kita, kita percaya akhirat lebih lapang. Aku mohon kamu jangan kaya gini! Aku harus pergi. Dan kamu harus tetap tinggal disini, meneruskan sekolah kamu. Dan raih prestasi sebaik mungkin untuk aku. Dan satu lagi, aku mohon terimalah pinangan Rendi. Dia akan jauh lebih bisa membahagiakan kamu.” Gilang berpaling ke arah Rendi, menuntun Fani dan menyatukan tangan keduanya.
“Ren, berjanjilah kamu akan membahagiakan Fani.” Pinta Gilang pada Rendi
“Oke. Aku janji.” Tutur Rendi sungguh-sungguh
“Kakak.” Fani merangkul Gilang sekali lagi
“Fani kamu jaga diri baik-baik. Ingat pesan aku. Dan jangan menangis! Aku gak suka! Terus senyum buat aku.” Sekali lagi Gilang mengecup kening Fani
“Aku pergi. Assalamu’alaikum.”
Gilang berlalu menghampiri orang tua Fani.
“Om, tante. Saya mohon maaf merusak acara ini. Saya pamit om, tante. Tolong doakan saya. Assalamu’alaikum.” Gilang mencium tangan keduanya. Dan menaiki motor Jupiter merahnya.
“Kak Gilang.”
Melesat ------ Gilang melesat sekencang-kencangnya.
“KAK GILAAAAAAAAANG!!!”  Fani teriak histeris
Deru angin bagai titipkan tangis getir wanita yang dicintainya.
Maafkan aku FANI, aku terpaksa berkata GOOD BYE!”

THE END


Komentar

Postingan Populer